Senin, 18 Juni 2012

MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Manusia dan kegelisahan
Kegelisahan
berarti suatu kondisi dimana seseorang merasa tidak tentram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas , dihantui rasa khawatir atau takut.  Sehingga terwujud dalam tingkah laku dan perilakunya kegelisahan dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak-gerik seseorang dalam situasi tertentu, umumnya lain dari biasanya.
Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari kecemasan. kegelisahan juga diartikan kecemasan, kekhawatiran, ketakutan. berkaitan juga dengan masalah frustasi, Biasanya kebiasaan ini muncul karena adanya suatu sebab yang tidak terlaksana . dalam hidupnya, seseorang pasti akan menglami kegelisahan.  jika terjadi  cukup lama oleh seseorang, maka akan menyebabkan gangguan penyakit dalam dirii seseorang. Kegelisahan (anciety) yang cukup lama akan menghilangkan kemampuan untuk merasa bahagia.
  ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan (obyektif), kecemasan neorotik, kecemasan moril.
a. Kecemasan obyektif
 adalah kecemasan tentang kenyataan yaitu suatu pengalaman perasaan yang didapat sebagai akibat atau suatu bahaya dari dunia luar.
b. Kecemasan neorotis (syaraf)
           adalah kecemasan yang timbul karena pengamatan atau pengalaman tentang bahaya dari naluriah atau insting.
kecemasan ini dibagi menjadi tiga macam yakni :
1. kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan.
2. Bentuk ketakutan yang tegang dan irrasional (phobia).
3. Rasa takut lain ialah rasa gugup, gagap dan sebagainya.
c. Kecemasan moril kecemasan moril
 adalah kecemasan yang disebabkan karena pribadi seseorang.
 sebab-sebab orang gelisah adalah pada dasarnya karena seseorang tersebut takut kehilangan terutama hak-haknya
contoh orang gelisah
jika seseorang itu bersikap seperti duduk dengan tidak tenang, melihat kanan kiri, gemetaran, mengigil, wajah nya pucat, dan gampang terkejut, dan melakukan hal hal yang diluar kebiasaaannya dll orang tersebut dapat dikategorikan mengalami kegelisahaan
-dalam pelajaran matematika akan ada ulangan dan tina belum belajar sedikitpu ia pun mulai merasa cemas, duduk tidak tenang, melihat sana sini, cemas dll
-keluarga ani dikabarkan bahwa putra sulung mereka mungkin berada didalam bus yang mengalami kecelakaan, keluara ani pun mulai gugup, gelisah, gemetaran, menagis,dll
-sinta di kabarkan akan gagal dalam ujian nasional dia pun mulai gemetaran, tidak tenang, kwatir dll
 USAHA-USAHA MENGATASI KEGELISAHAN
               untuk mengatasi kegelisahan yang harus dilakukan  pertama-ialah dari diri kita sendiri, kita harus bersikap tenang berusaha menennagkan diri. sehingga kita dapat berpikir dengan tenang , dan memikirkan penyebab dan mencari jalan keluarnya, sehingga segala kesulitan dapat kita atasi. selain itu juga mendekatkan diri pada tuhan dengan berdoa , pasrahkan nasib kita sepenuhnya, kita harus percaya bahwa Tuhanlah Maha Kuasa, Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengampun.
Contoh :
-saat terjadi bencana dan kita terjebab didalam nya kita pasti akan merasakan takut, cemas, gelisah, panik dll, yang harus kita lakukan pertama adalah menenangkan diri kita berusaha agar tidak panik, gelisah dll lalu berpikir dengan cepat dan tepat, dan mencari jalan keluar yang benar dan aman. jika kita tidak menenangkan diri kita tidak akan bisa berpikir dengan benar dan bisa terjebak didalamnya.
-tian merasa gelisah bersikap gugup tidak tenang dll, tian untuk menangkakn dirinya menahlihkan perhatiannya dengan memebaca buku yang menjadi hobbynya agar merasa tenang
dll.
keterasingann
adalah suatu kondisi dimana seseorang itu tersisihkan , terpisahkan atau terpencil dari yang lainnya baik itu dalam hal pergaulan, masyarakat, keluarga atau pun semacamnya. Terasing atau ketersaingan merupakan bagian dalam hidup manusia. yang menjadi penyebabnya adalah seseorang itu berbeda dalam suatu komunitas. baik itu perilakunya yang tidak dapat diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh lingkungan masyarakat, keluarga, temannya atau karena kekurangan yang ada pada diri seseorang tersebut sehingga ia tidak dapat atau sulit menyesuaikan diri dalam lingkungan masyarakat, keluarga, teman dll. keterasingan dapat berupa Keterasingan katena cacat fisik, Keterasingan karena sosial ekonomi, Keterasingan karena rendah pendidikan, Keterasingan karena perbuatannya.
Ayat Al-
Qur’an Tentang Keterasingan
”Sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan sungai. Maka,
barangsiapa di antara kamu meminum airnya maka ia bukan
golonganku, dan barangsiapa yang tidak meminumnya maka ia
adalah golonganku, kecuali yang menciduk seciduk dengan
tan ann a
(QS. Al-Ba arah:249å
Kesepian
adalah kondisi dimana seseorang itu merasa sendiri ditempat umum atau ditempat sepi, kesendirian ituu terjadi baik dalam dirinya, hatinya atau pun dalam bentuk fisiknya. kesepian itu suatu yang menyedihkan dan menyakitkan hanya orang orang yang merasakannnya yang mengerti bagaiman rasa sakit akibat kesepian, umumnya orang orang menganggap hal yang biasa dan sepele. namun orang orang yang mengalami kesepian lama lama akan merasakan kesakitan dalam hati dan jiwa mereka. kesepian merupakan penyakit hati yang jika seseorang sudah terlalu larut atau lama didalamnya akan menjadi sulit disembuhkan. seseorang itu menjadi biasa sendiri dan menanggap kesepian itu bagian dari hidupnya.
macam macam penyebab kesepian
frustasi
perasaan bersalah
penolakkan disaat dibutuhkan
ketersaingan
perubahan yang terjadi dalam kehidupannya
hilangnya seseorang yang dianggap dekat dengannya
harapan orang orang disekeliling kita yang tidak dapat dipenuhi
Contoh
dilihat dari luar mungkin hidup yang dilalui yuan terlihat sangat menyenangkan, orang tua yang tidak pernah memarahinya, tidak pernah mengurus atau memprotes apapun yang dilakukkannya dan tidak pernah mengurusi semua hal yang dilakukannya, teman teman sekelasnya menganggap kehidupannya sangat menyenangkan dan sangat bebas, mereka semua ingin merasakan hidup yang dirasakan yuan.
yuan hanya diam, dan memnadang teman teman sekelasnya, yuan terkenal sebagai anak yang pendiamdan tenang, semua guru menanggap dirinya bisa melakukan segalanya dan tidak perlu mencemaskannya.
namun, tidak ada yang menyadari kesepianan yang dimiliki oleh yuan, dalam perjalanan pulang dia memikirkan perkataan teman sekelasnya yang mengatakan ingin hidup sepertinya, dia hanya diam dan berjalan.
sampai di rumah dia melakukan hal hal yang biasa dia lakukan, membuka pintu rumah yang terkunci, membuka pintu perlahan dan melihat rumahnya yang kosong sepi sunyi tidak ada orang didalamnya bahkan tidak terasa ada aura kehidupan sangat sunyi dan sangat sepi, dai berjalan masuk dan menutup pintu. kedua orangtuanya tidak ada dirumah memang selalu tidak ada, jika ada pun mereka hanya akanterus bertengkar dan memecahkan barang barang lalu pergi lagi dan rumahnya kembali sepi, yuan memiliki saudara namun saudaranya sangat jarang ada dirumah jika ada pun hanya pulang menagantin pakaian lalu pergi lagi. keluarganya semua menangatakan ‘apapun yang kamu lakukan semua terserahmu, bukan urusan kami’ kelaurganya tidak ada yang peduli padanya.
yuan memandang rumahnya yang sepi sunyi, dia berjalan ke arah dapur memasak sendiri untuknya sendiri, makan sendiri, dan melakukan semuanya sendiri, dia sudah melakukan ini semua sendiri dari kecil, semua meanggap dia tidak perlu diperhatiakn semua menaggap dia bisa melakukan semuannya sendirian. yuan duduk dimeja makan sendirian, dia masi memikirkan perkataan teman sekelasnya tentang dirinya. lalu yuan berkata sambil tersenyum sedih “….seperti ini…” air mata nya mengalir dia menagis dalam diam, didalam rumah yang sunyi dan dingin itu. tidak ada yang memperhatikkannya.
itu salah satu bentuk kesepian yang dialami dalam bentuk kesepian fisik dan kesepian batin atau hati
ketidakpastian
adalah kondisi dimana segala sesuatu itu tidak jelas, tidak menentu, tidak searah, dan tujuannya tidak jelas.
penyebab penyebab ketidakpastian
1. Obsesi
2.Phobia
3.kompulasi
4.Halusinasi
5.Histeria
6.delusi
7.keadaan emosi
contoh ketidakpastian
-doni mengerjakan tugas matematika nya karena merasa tidak yakin doni mengerjakannya berkali kali mengulang nya terus menerus dan mendapatkan hasil yang berbeda, doni mengulang terus tugas matematikkannya tersebut.
-ibu ani masih menanggap yang dikuburkann itu bukan putrinya walau semua orang menagtakan yang meninggal itu adalah putrinya, ibu ani mengatakan putrinya sedang berdiri disampingnya dan mengajaknya berbicara.
Usaha mengatasi ketidakpastian
dalam mengatasi ketidak pastian yang harus dilakukan pertama ada mencari penyebab timblnya ketidkapastian tersebut, lalu mencari solusinya dan menerapkan pada pelaku ketidakpastian tersebut, hal ini berbeda beda tergantung pada mental si pelaku. mungkin bisa sembuh dengan cepat juga bisa memakan waktu berathun tahun semua nya tergantung pada si pelaku ketidakpastian tersebut.
Ayat – ayat Al-qur’an dalam mengataasi ketidakpastian :
     Berikut ini pernyataan Al-Quran tentang mengatasi ketidakpastian atau keragun dalam contoh keraguan terhadap kitab suci Al-Quran yaitu :
Al-Baqarah (2) : 23
وَإِن كُنتُمْ فِي رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلَى عَبْدِنَا فَأْتُواْ بِسُورَةٍ مِّن مِّثْلِهِ وَادْعُواْ شُهَدَاءكُم مِّن دُونِ اللّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
” Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Qur’an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar . “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar